MANFAAT SERTA HIKMAH PUASA



Berpuasa bagi umat Islam di bulan Ramadhan merupakan satu kewajiban dan tentunya bermanfaat, baik bagi kesehatan fisik maupun kesehatan jiwa. Saat syariat Islam itu ada maka hikmah bagi semua yang meyakininya. Sesuatu yang wajib sekaligus penuh toleransi dalam menjalaninya. Bulan Ramadhan seperti sebuah kegembiraaan tersendiri bagi umat Islam di seluruh dunia dan ketika menyambut kedatangannya seakan telah diarahkan untuk menunaikan ibadah selama sebulan penuh. Pada bulan ini pula kitab suci Al Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia di dunia. Kewajiban menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini telah diperintahkan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu, supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." 

Beberapa Manfaat Berpuasa:
1. Memberikan ruang bagi pencernaan untuk beristirahat sekaligus memperkuat fungsinya.
2. Membersihkan organ pada tubuh dari racun serta kotoran (detoksifikasi).
3. Membantu kita dalam melatih keseimbangan psikis serta emosi. 

Beberapa Hikmah Berpuasa:
1. Berdasarkan sebuah dalil hadist yang berbunyi: "Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mencari ridha Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."(Hadits Mutafaqun ‘Alaih) bagi umat yang berpuasa pada bulan Ramadhan. 
2. Meningkatkan rasa syukur kita terhadap banyaknya nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semuanya. 
3. Ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang yang kurang berkecukupan. 
4. Melatih diri dalam menjaga keseimbangan dunia dan akhirat. 
5. Puasa akan melahirkan perasaan kasih sayang pada sesama tanpa perbedaan. 

Pada bulan yang penuh berkah ini kemuliaan Ramadhan menyelimuti seluruh umat dan alam semesta. Dimana ada satu malam yang keutamaan beramal di dalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan di bulan lain yaitu malam Lailatul Qadr.  

(*dok.kebunilalang)