TIPS MELATIH KREATIVITAS PADA ANAK



Kreativitas bukanlah sesuatu yang muncul begitu saja meskipun secara langsung anak terlahir sebagai mahluk yang kreatif. Jika anak telah mengalami perilaku negatif atau pun menerima segala bentuk doktrin yang mampu mengikis kreativitasnya maka anak akan kehilangan semangat hidupnya dalam menggapai masa depan anak yang berpelangi. Apakah itu yang kita harapkan pada anak? Tentu tidak. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan bersama anak: 

1. Melatih Kemandirian Sejak Dini 
Jangan biasa memanjakan anak seperti melakukan hal-hal sepele yang harus diladeni oleh orangtua, nenek/kakek, paman/bibi, kakak, dan pekerja rumah tangga. Bantulah anak dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan cara bermain sehingga mampu memancing daya kreativitasnya. 

2. Budayakan Kebebasan Dalam Berpetualang 
Berpetualang merupakan dunia anak dalam memaksimalkan potensi otak. Bebaskan anak saat ingin melakukan petualangannya lalu kita lakukan evaluasi bersama anak dan minta mereka untuk mengajak kita berpetualang bersama di suatu hari. 

3. Memuji dan Membangun Pikiran Positif 
Pujilah tindakan anak dan jangan pernah mengatakan mereka "bandel/nakal/dsb" bahkan membandingkan perilaku anak plus membedakan anak dengan anak lain misalkan anak bukanlah anak kandung, anak belum mampu mendapatkan hasil yang baik meski si anak sudah melakukannya secara maksimal, karena hal itu akan menimbulkan trauma yang akan berdampak rendah diri. Memuji hasil kerja anak akan melatih kejujuran, rasa tanggung jawab, disiplin maupun semangat tinggi. 

Nah, para orangtua/lingkungan keluarga besar tentu masih punya harapan serta keyakinan bahwa seorang anak adalah anugrah bagai mutiara yang perlu dijaga toh.., mulailah melatih diri bersama anak dengan melakukan beberapa tips di atas. Tiada hal yang lebih menyenangkan selain bermain bersama anak-anak. Bagaimana pun, anak-anak akan menjadi duplikat dari lingkungan sekitarnya, maka berpikir positif pun harus dimulai dari orangtua dan jangan membangun pikiran negatif yang akan berdampak pada sikap anak seperti menjadi penakut, pemalu, tertekan. Selamat mencoba! 

(*kebunilalang2013)